Ada seabrek motor baru di 2017, mulai dari skuter matik, sport, hingga moge berharga ratusan juta. Beberapa diantaranya sukses diterima konsumen Indonesia. tapi ada juga beberapa yang gagal total dan tenggelam oleh nama besar kompetitor. Nah, apa saja motor baru yang gagal di 2017 tersebut? Nih dia sosoknya!
Suzuki GSX-S150
Naked bike 150cc dari Suzuki Indonesia ini bakal mengisi list pertama motor yang gagal bersinar di tahun 2017. Gimana nggak, sejak dirilis perdana awal tahun lalu, Suzuki GSX-S150 tak pernah sekalipun mencapai target penjualan PT. SIS. Lebih gokilnya lagi - jangankan untuk bisa bersaing dengan kompetitor laiknya Honda CB150R & All-New Yamaha Vixion - naked bike ini bahkan masih kalah tenar dari saudara sportbikenya yang dijual lebih mahal, Suzuki GSX-R150.
Apa yang membuat Suzuki GSX-S150 kurang diterima di pasar Indonesia? Yang pertama adalah karena desain nyelenehnya yang kurang diterima oleh konsumen tanah air. Terlebih, naked bike ini juga dibekali dengan buritan yang super sporty (nungging), which is nggak bersahabat bagi boncenger. Padahal kalau secara penggunaan, GSX-S150 ini boleh diadu dengan 2 kompetitornya lho Sobat UCers!
All-New Yamaha Vixion R
List kedua masih ditempati oleh segmen naked-bike 150cc. Ya! Penurunan pasar sport 150cc sedikit banyaknya dipengaruhi oleh pilihan produk yang makin nyeleneh dan nggak masuk akal, membuat konsumen berbondong-bondong berpaling ke segmen maxi-scooter. Setelah GSX-S150 yang bikin kacau, selanjutnya adalah All-New Yamaha Vixion R. Nggak heran, motor yang satu ini bakal jadi produk yang paling jarang ditemui Sobat UCers sekalian dijalanan. Karena memang kurang diterima konsumen!
Apa salah Vixion R? Pertama, desainnya justru menganut All-New Vixion versi Standar yang kurang sporty dan keluar dari pakem Yamaha. Kedua, meski sudah mengusung mesin 155cc VVA ala All-New R15, namun masih belum dibekali dengan suspensi upside down. Ketiga, harganya lebih mahal Rp. 3 jutaan dari All-New Vixion STD yang punya desain sangat mirip! Membuat calon konsumen berpikir, "buat apaan beli motor 29 jutaan kalau tampangnya sama seperti motor 26 jutaan?".
Suzuki Address Playful
Meski bersinar bareng GSX-R150, tapi bukan berarti seluruh produk terbaru Suzuki diterima dipasaran. Setelah GSX-S150, masih ada lagi motor Suzuki yang kurang diterima dipasaran, kali ini adalah skuter matik Address Playful. Sosok skuter matik Address dengan seabrek pilihan warna ini gagal bersinar di tahun perdana kehadirannya di pasar Indonesia, lantaran tenggelam oleh kesuksesan Honda BeAT & Yamaha Mio.
Tanpa ditanya penyebab kegagalannya pun Sobat UCers seharusnya sudah paham apa yang membuat skuter matik Suzuki ini kalah telak oleh BeAT & Mio. Ya, Suzuki Address Playful hanyalah sosok Address standar yang diberikan opsi warna menarik, plus dijual lebih mahal dari versi standar! Selanjutnya, PT. SIS juga seakan setengah-setengah dalam mempromosikan skuter matik andalannya ini. Oleh karena itu, jangan heran kalau ada Sobat UCers yang baru mengetahui Suzuki Address Playful lewat tulisan ini.
Viar Vortex 250
List kita kali ini nggak cuma berhenti sampai kelas 150cc saja. Karena kenyataannya, ada juga motor 250cc yang gagal bersinar di tahun 2017 ini, Viar Vortex 250. Adventure Bike yang satu ini pada basisnya merupakan motor asal Tiongkok (Zongshen RX3), yang dibranding ulang oleh produsen lokal Viar Motor Indonesia. Dan secara spek lumayan oke kok, nggak kalah dari kompetitor asal Jepang, plus harganya lebih murah!
Lantas kenapa nggak bersinar di 2017? Ya, itu karena Viar Vortex 250 ini baru dirilis tahun 2017, setelah menghebohkan sejak 2015 silam! Telat. Kedua, karena sosoknya menantang langsung Honda CRF250 Rally & Kawasaki Versys-X 250 - 2 sosok motor Adventure yang punya nama besar, serta spek yang menggoda.
Yamaha X-Ride 125
Nah, inilah sosok yang bisa disebut sebagai 'Biggest Fail of 2017'! Setelah sosoknya sangat ditunggu-tunggu untuk menggantikan X-Ride 115 lawas - plus melawan Honda BeAT Street yang mendapatkan kritik pedas - ternyata Yamaha membuat kejutan saat merilis X-Ride 125 pada ajang Jakarta Fair 2017 lalu!
Menggunakan mesin 125cc yang sebasis dengan Mio M3 & Soul GT125, Yamaha X-Ride 125 justru berubah total dari edisi lawas. X-Ride kini dibekali body yang gempal, tampilan yang kurang menarik, velg yang nggak berbeda dibanding Mio edisi termurah, serta keluar konsep skutik-trail laiknya versi lawas!
Meski sedikit terobati dengan kehadiran suspensi belakang tabung, tapi hal tersebut sepertinya nggak cukup menyelamatkan X-Ride 125 dari jurang kegelapan di 2017.
0 komentar:
Posting Komentar